Stres

Peran Stres dalam Memahami Hubungan Manusia dengan
Lingkungan :

Stress hubungan antar manusia dan lingkungan, misalnya harapan sosial yang tidak sampai, lingkungan yang tidak aman, beda budaya, lingkungan kotor dan tidak sehat.

Keadaan lingkungan dan masyarakat sangat mempengaruhi seseorang dalam beradaptasi. Keadaan lingkungan yang stabil dan seimbang akan memudahkan seseorang dalam beradaptasi. Sedangkan keadaan masyarakat dengan hubungan sosial yang baik juga akan memudahkan individu dalam melakukan adaptasi agar terhindar dari stress.

kondisi lingkungan juga turut mempengaruhi kejiwaan seseorang. Mulai dari bentuk kamar pancahayaan, tata letak barang dan lain sebagainya. Pengaruh lingkungan ini dapat kita kelompokan dalam 3 kategori yaitu factor inttenal, eksternal dan transcendental. Factor intenal meliputi jati diri yaitu refleksi dari egoisme, kemudian empati berupa kemampuan merasakan apa yang dialami oleh orang lain dan yng terakir adalah altruism yaitu perilaku yang berusaha menolong orang lain yang terkadang sampai mengorbankan dirinya sendiri. Hal yang dianggap baik adalah jika ketiga hal diatas merata dalam jiwa seseorang. Untuk factor eksternal pengarauhnya berupa kepedulian dan kehormatan, dimana rasanya setiap anggota masyarakat akan berusaha mempertahankan kehoramatanya di dalam bermasyarakat. Sedang untuk factor transcendental bersumber pada upaya manusia untuk memperoleh kesejahteraan baik lahir maupun batiniah. Namun seringkali dalam upaya memenuhi kebutuhan ini manusia menjadi terpengaruh oleh sikap yang salah yaitu berfikir bahwa semua yang ia dapat adalah hasil jerih payah dia sendiri yang akhirnya membuat manusia tidak sadar terjerumus dalm keadaan dimana nafsu telah menguasai keseluruhan jiwanya sehingga manusia akan melampaui batas dalam mengeksploitasi alam ini. Dan yang lebih parah adalah ketika manusia ini kemudian mengkalim bahwa diri mereka adalah yang paling benar sehingga kadang secara tidak sadar merusak alam dengan dalih melakukan perbaikan yang nota bene yang diperbaiki adalah sesuatu yang sebenarnya tak perlu diperbaiki atau diperbaiki dengan jalan yang lain bukan dengan jalan yang sedang diupayakanya.

sumber :Sumber : www.stressfree.com
http://www.csun.edu/~vcpsy00h/students
ibuprita.suatuhari.com

About Rahmawati Aria (10508182/3PA01)

Nama : Rahmawati Aria NPM : 10508182 Kelas : 3PA01 Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
This entry was posted in Psikologi Lingkungan. Bookmark the permalink.

Leave a comment